02 December 2013

Sikap Mental Untuk Setiap Tingkat Sabuk dalam Brazilian Jiu-Jitsu

 Sikap Mental Untuk Setiap Tingkat Sabuk dalam Brazilian Jiu-Jitsu. Sebenarnya sumber dari artikel ini berasal dari sini (berbahasa Inggris).

Let's get started...



Kali ini kita akan melihat bagaimana perbedaan tingkatan sabuk dalam Brazilian Jiu-Jitsu dan apa yang seharusnya dihasilkan pada tiap levelnya.

Salah satu hal yang membuat saya juga terkejut pada awal mulai berlatih adalah sistem tingkatan level tiap sabuk nya jauh lebih ketat (sulit) bila dibandingkan bela diri lain nya - dimana waktu rata-rata seseorang mendapatkan sabuk hitamnya adalah 10 tahun dalam Brazilian Jiu-Jitsu.

Bagaimana kita mendefinisikan setiap tingkat sabuk Brazilian Jiu-Jitsu sekarang ini, sebagian besar didasarkan pada tahap belajar yang terkait dengan masing-masing tingkatan sabuk. Setiap tahap level memiliki indikator tertentu yang menentukan mind set dan tingkat keterampilan dari praktisinya.

Berikut ini rincian dari tiap tingkatan sabuk Brazilian Jiu-Jitsu yang akan membantu mengurangi rasa frustrasi dari beberapa siswa yang ketika mereka merasa stagnan di level sabuk tertentu. Hal utama yang ingin saya sampaikan kepada semua teman-teman, adalah bahwa apa yang kita rasakan dan alami, sebenarnya sangat normal pada tingkat keterampilan masing-masing.

Harapan saya setelah membaca artikel ini dapat membantu pelatih Brazilian Jiu-Jitsu memahami tingkat sabuk sebagai tahap perkembangan alami untuk atlet mereka, sehingga, mereka dapat menjadi guru yang lebih baik dan instruktur yang lebih memahami masalah yang ada.

Coaching dan pengajaran dapat menjadi proses yang frustasi dan sayangnya banyak instruktur tidak menyadari mengapa cara memberikan bimbingan untuk sabuk putih bisa berbeda, dengan bagaimana Anda memberikan bimbingan kepada sabuk coklat tentunya.

Sebagai ringkasan awal cepat artikel hari ini, dan saya akan memposting pada artikel berikutnya untuk tiap levelnya; inilah cara terbaik untuk melihat pikiran set yang berbeda untuk setiap tingkat sabuk BJJ:

White belt- Unconscious incompetence.  You don’t know what you don’t know.

Blue belt- Conscious incompetence.  You know what you don’t know.

Purple belt- Conscious competence.  You know what to do.

Brown belt- Unconscious competence.  You do what you know.

Black belt- You’re just conscious.  You’re indifferent to competence or incompetence. Hal ini bisa di artikan, Anda melakukan Jiu Jitsu karena Anda menyukainya. Membuat orang tap-out bukan lagi tujuan utama anda. Jika Anda tap-out pun tidak menjadi masalah lagi untuk anda. Anda merasa hanya dengan berlatih Brazilian Jiu Jitsu pun sudah menjadi reward tersendiri bagi anda.

To be continued...
Categories:

0 comments:

Post a Comment